Thursday, March 1, 2012

Jadilah Bagian Dari Angin!


Assalamualaikum sahabat semua. .
Pengalaman, ibrah, ini saya dapatkan ketika beberapa hari yang lalu gue (agak asing si dengan kata ganti satu ini..tak apalah udah biasa sekarang) ngajar anak2 TPA/TKA, taman pendidikan Qur’an bagi nyang belum tau, gue muslim, dan ya, nyaman dengan semua itu, pernah gue sampaiin gue tinggal di kosan paling luas di Bandar lampung, Al-Wasi’i, Masjid kampus yang akrab baget ame nama gue. Nah, critanya sore itu anak2 yang udah mem-bebek di belakang gue pas gue jalan,  mereka minta abi ( mereka manggil gue bapak(dalam bahasa arab)), nah, emang gue bapak loe?” ,  haha, g bukan itu maksud gue.

"Hey,  @aam, @rafli, @difa dlsb, (kaya di twitter aja), abi mau ngerjain tugas kuliah, abi belum meet 'n greet ama fans, ntar jam tuju malem mau manggung, dst dst." Gue sampe’in semua alasan gue.  Buruknya, mereka maksa. Ya. Oke.. gue layani,.. haha.. akhirnya qita mulai tu ngaji baek2.. gue mulia dengan basa- basi tingkat dewa, gwe tanya,.
“Apa kabar adek2?”
Dan dengan koor yang amazing menutut  gue(karena merek udah apal sih),
Alhamdulillah, luar biasa, sukses akhirat, genggam dunia, Allahhu Akbar!” gue klepek2,,gua di buat malu seketika, kaya di telanjangi tau ga lo,, gue yang kadang ngeluh, kadang apa ya., spiritless.. dkk ..
 nah ni anak2 sekecil gini, mantep banget jawabnye (tau sendiri lah, anak2 klo lg njawab yang kaya gini, di kenceng2in, apalagi mereka anak2 terminal, tiap hari tereak, “bang2.. koran bang, tissue bang, rokok bang, aqua bang “ gitu..).. ckck , salut dah. 
Gue jadi mikir. Kayaknya dulu gue g sekeren ini deh,. Haha,, gua kurus kering, cacingan, ngupilan, berangkat ngaji naek kebo dulu, nyebrang sawah,, nyebrang kali.. haha.. becanda2,. Tapi beneran. Gue jadi mikir kadang kita yang tua2 ini perlu ambil pelajaran dari mereka (gwe rekomendasiin lo baca buku : “celoteh anak”) beneran dengan kepolosan mereka kadang bisa menjadi cermin yang baik untuk mengoreksi diri kita, mengambil pelajaran, DLSB(dan lain sebagainya).
Gue jadi ber-andai2, coba gue bisa kaya mereka, kembali lagi jadi anak kecil tapi punya isi otak sekarang, wah bisa dianggap jenius gue.. haha.. ya kan? Bayangin anak sekecil itu udah bisa MS. WORD, haha.. (adek lo aja udah bisa kali ve.. hho). 
Beneran sob, kadang gue malu ama diri sendiri, mereka udah sibuk berkelahi dengan waktu(lagunya om Iwan), pagi2 sarapan koran( apa?, Emg die pagi2 jarang sarapan sob, suatu kali pernah gue tanya.) udah sore tuh die keasikan maen bola, sedangkan sisa koran jualannya masih banyak.
“udah makan belum Cok (namenye Ucok), ?”
“belum bi, baru roti tadi dkasih Abi Takin”
“ye, itu mah sama aja cok, “ gue jitak tu anak (jitaknya halus kok, pake hati, tekanan, momentum, dan gaya geseknya udah gue atur selembut mungkin, ingat! Jangan lapor kak(ek) Seto, die udah capek sob. Hhhoo..

 Mereka nganggepnya belum makan nasi tu belum makan,  haha. Padahal tadi,rotinya segede bantal.
Gue malu sama diri sendiri kenapa mereka bisa sebebas itu, se-enak gitu, se-legowo  itu sedangkan gue lihat orang2 disekitar gue g gak bisa, kadang masih susah. Gue contohnya, kadang masih suka ngeluh, apalagi protes. Artinya apa?, ada sesuatu dari mereka yang harusnya kita tanya, kita cari apa itu kan?. Pasti ada yang salah atau yang bedhha? Dan Kitha harus chari thau (nada ala bujang galau).

 Mereka polos men, banyak hal yang mungkin belum mengganggu tidur mereka, belum bikin sakit perut malem2 sampe g bisa tidur, dan sodara2nya..
Gue jadi mikir juga, bahwa mereka belum kenal nyang namanya sensi, ((well lo mungkin tanya ke gwe (dengan wajah sinis)"DIFENE SENSI!":  sensi itu men, keaadaan dimana lo mudah tersinggung dengan keberadaan oranglain, tingkah lakunya, bukan emg  lo lagi M atau lagi masa2 remaja (karna emang lo remajanya terlalu lama, jadi jatah sensinya terlalu lama juga, gwe g tau). Yang jelas bayak hal yang biikin lo gampang banget tersinggung tanpa alasan yang jelas (krna lo belum selidiki juga), susah menertawakan hidup. Dan justru lebih susah ngambil pelajaran dari hidup”)). (panjang ya... ) ya yang yang level sensinya udah dewa kaya kita2. . . udah yang mulai punya kepentingan pribadi dan kelompok, firqah atawa golongan tertentu.
Bener kata @Pandji Pragiwaksono nyang gua kira die orang nasrani sebelumnya, ternyata bukan. die bilang di Stand Up Comedy,  “orang2 kita, orang indonesia itu gampang banget sensi, terlalu sibuk dengan perbedaan2, ribut untuk saling curiga mencurigai, makanya susah banget untuk bersatu, “.kayaknya baru kalo ada ni, negara laen yang iseng ngambil pulau kita lah, ngapain budaya kita lah, baru, sok2 bersatu satu suara.
Contohnya ketika ni misalnya tante kita masakin maeman bwt kita.
“enak gak masakan Tante? “
“enak tan, tapi..... “
“tapi apa, ah, .. kamu ga tau ya. Itu bikinnya susah tau,,. Tante ampek  kecemplung  becek2.an di pasar, kringetan masaknya, kecipratan minyak.. apalah itula... “
Padahal belum selesai  gue bilang tapi..
Atau gini dosen lo ni.. lagaknya di akhir semester minta kesan dan pesan, saran dan kritik dengan lisan. . gue diminta ngasih kritik..sama kasusnya, gampang banget dia sensi, padahal belum bilang tapi apa.. tapi udah ngancem2 nilai lah, apalah,, .parah.

Gini, ada teman “special” gue yang ya, kasusnya juga sama, sensi ketika gue mulai menyinggung ke ranah yang abu2, ijo-merah,  kadang Cuma gara2 beda dikit, kayaknya beda itu bisa  jadi jurang besar yang misahin kita. Aneh yang emang, coba deh inget2 siapa tau lo juga ngalamin hal yang sama. Gini entah ini mungkin efek dari doktrin kita kecil dulu di permainan yang sampe sekarang masih ada di koran hari minggu. Nama permainannya adalah “carilah 5 perbedaan”.
Jadi mungkin gara2 efek spillover dari itu kita jadi gampang baget liat perbedaan masing2 kita, its oke ketika tu perbedaan bisa kita ambil pelajarannya, kita bisa saling memahami, toleransi, dlsb dlsb. . tapi itu semua jadi gampang bikin kita pecah. Syariatnya sama, suruh solat, tapi beda gerakan dikit aj, jadi bisa jadi beda aliran, perang. Atau apalah. pusing gue(padahal bukan presiden, gue ni. daripada gpusing, mending bikin album ah.. :D).
Bener kita ini terlalu sensi sehingga entah kenapa kita cenderung buta akan kesamaan2 yang justru lebih banyak yang kita punya. Jujur, gua punya banyak temen,(ada komanya ya) wanita, homo, nasrani, atau hindu yang jelas2 itu beda, dalam bingkai tertentu, tapi ga ada masalah dalam hal2 kecil yang kita bikin2 besar kaya gini. Terlalu lama kita berkubang dalam perbedaan2 itu, kecurigaan, dlsb dan itu membuat kita lama untuk bersatu.  
Bener kata nenek gue: “kalo lo mau terbang, lo harus jadi bagian dari angin” (dalem, dan gaul kan kata2 nenek gue, gue bikin sendiri lho nenek gwe itu, pake tanah liat. . gua penyet2, gue bentuk,. Hahaa..

Udah intinya gini ada filosofi yang akhir2 ini gue temuin dalam penghayatan yang lama, gue nginep dulu di mesjid, gue ngosek WC masjid dulu, baru ni filosofi nyantol, gara2 gue nulis cerpen. Judulnya pesawat2 kertas, gue dulu bingung (bukan kata lain dari benci. :D) dengan fisika, terutama ni sisanya yang gue suka dari fisika.
Gue sertakan juga gambarnya, ni. .ini gamabar sayap pesawat dari samping..
Walaupun belum sekalipun gue naek pesawat yang terbang, kalo di musium udah berkali2 sob, gue naikin. Hhoo. Dulu waktu kecil hobi banget maen ni pesawat2an, jadi kalo ada lomba bikin pesawa2an kertas tercepat, weh, gue juaranya, haha.. 
gini, gue jelasin.
Kenapa tu pesawat bisa nerbangin berat berton2 dengan ratusan penumpang, dan bisa terbang tu. Ya gak?
Soalnya gini sob: Bagian atas sayap melengkung, sehingga kecepatan udara di atas sayap (v2) lebih besar daripada kecepatan udara di bawah sayap (v1) hal ini menyebabkan tekanan udara dari atas sayap (P2) lebih kecil daripada tekanan udara dari bawah sayap (P1), sehingga gaya dari bawah (F1) lebih besar daripada gaya dari atas (F2) maka timbullah gaya angkat pesawat.

Oya tambahan, di ujung sayap itu ada semacam selaput yang bisa di gerakan ke atas dan kebawah (tu di gambar, elevator),
Itulah yang membelokkan kecepatan angin, membuat panjang lintasan angin lebih panjang, misalnya pas kita mau naek, maka (hati2 gue dulu salah paham, so baca ati2) si elevator ini akan bengkok ke atas, bukan bawah, dulu pengalaman bikin pesawat (kertas), gitu sob, dan ternyata bener, angin dapat halangan, katakanlah ini semacam cobaan, masalah, bagi angin, tapi justru ia bergerak semakin cepat, karena ketika angin terbagi dua di sayap atas dan bawah pesawat, dalam keadaan apapun, mereka akan ketemu di ujung sayap berbarengan, artinya walaupun lintasannya salah satu sisi lebih jauh, maka jatuhnya akan ia usahakan sama, dan karena itulah pesawat bisa terbang, dengan gaya angkat keatas sayap. Karena tekanan di atas pesawat lebih kecil.

Jadi ketika kita ada masalah, seharusnya bukan melambat, tapi justru niatkan itu menjadikan anda better than before, bergerak lebih cepat dengan tekanan yang ringan, maka ada akan terbang, tidak perduli halangan apa di depan anda, seharusnya dengan merujuk pada hukum Bernoulli ini bisa banyak kita ambil pelajaran. Jadilah bagian dari angin!, itulah kenapa bentuk pesawat dibuat se aerodinamis mungkin, ga ada kan pesawat bentuknya balok?. Yaiyalah, ntar dikira bis lagi. Hhhoo.
Ini kenapa dari anak2 malah ke pesawat ya,.. berat-berantakan tau ve.. (ya.. maafkan saya, avetarian juga manusia.. hahaa).
Udahan ah, gue g bisa berhenti ntar malah,. Kalo udah laper, baru... kikikiki. Khis3x..
Wassalamualaikum.. .



Catatan : gue bukan anak alay yang telat ada fasenya. Salam.

Ditunggu kritik sarannya...
@avesuakanila.
Fauzisar El-Lambunjiy, 2 Maret 2012.


Visitors

BUKU TAMU

Pop up my Cbox
Powered by Blogger.

Followers