Saturday, July 21, 2012

KUBANGAN 1 Laptopku sayang, laptopku malang


CATATAN CAANDAN GURU GALAU(C2GG)







Oleh
Ave S. Fauzisar
1113024007 (NPM)










Yayasan Pengasuh Remaja
Keterbelakangan Kepribadian Indoinesia 35145

KUBANGAN 1
Laptopku sayang, laptopku malang
Hidup ini  bagi saya ibarat kubangan,  bukan kayak donat yang gak ada ujungnya.
Kita gak tau kapan laptop kesayangan kita yang isinya puluhan film dan data2 penting,  termasuk, caandan novel saya. Ilang. Sebelumnya asal anda tau saya niat bakal nulis novel suuuuedih. Saya mau yang sendu2, yang galau2, dst.
Ceritanya gini, maghrib sudah berlalu, semburat keemasan di ufuk barat sudah mulai meredup menggulung biasnya, yang tersisa hanya gelap.(seeehhh).
Saya lagi, maen ke rental belakang Masjid Kampus, dan kebetulan bawa laptop mau minta sesuatu untuk diinstal. Dan anda tau adzan Isya’ udah berkumandang dan saya otomatis menyudahi percintaan saya dengan laptop saya. Tau kalau itu rental bakal dikunci, saya merasa aman2 saja meninggalkan laptop saya di sana. Dan parah sekaligus piciknya maling itu adalah dia ngambil pas kita sedang shalat (udah maling, gak sholat pula,. Ckckc), rentan waktunya cepet banget antara rakaat ke 2 sampe selesai, karena karyawan terakhir ngunci dari luar pas mau rakaat ke 3. Dan awalnya saya dikasih tau, saya gak percaya. Dan akhirnya mulai bengong. Kayaknya kalau ada kamera tu nangkep wajah saya, bakalan terliatan saya pasang wajah bego’. Bego’ banget (titik)
Saya shyock (gimana sih nulisnya, bener gini kan?), tapi gak saya perlihatkan, saya pura2 nonton TV. Akhirnya kita mengindikasikan tu maling udah siap mati (lho2, bukan2), maksudnya tu maling ternyata tidak menginggalkan jejak kerusakan apapun, alhasil, jelas dia punya kunci duplikat rental yang entah dari mana die dapetin. Maling ini cerdas2 bego’ eh salah, bego’2 cerdas. Artinya banyak bego’nya. Gak mungkin kan saya kasih tau bego’nya, itu kan aib die(bah..). sebagai pengamat dunia permalingan indonesia. Saya menyimpulkan dia jelas, gupek, gampang panik maksud saya. Kenapa Cuma laptop saya?. Hape disitu tergeletak Cuma di ambil satu. Justru ada mouse, headphone, flash yang nancep di laptop die gasak juga. Ngambil uang 5rebuan die sisain satu (harusnya anda bawa semua lah bego’!).  
Tapi mau gimana lagi, bukan WC saya, dipake orang ya, ikhlas2 aja (lho kok malah WC). Maksudnya,  belum rejeki saya punya laptop, siapa  tau ada gantinya, bahkan yang lebih baik, ya kan? ( padahal ni, di hati dongkol  banget).
Entahlah,  kata temen saya, saya kelewat tabah. Pasti anda gak bakal percaya anda habis kehilangan laptop dan gadget2 lainnya, saya masih senyum2 aja, masih kuliah normal,  bahkan disuruh nyanyi “Alamat Palsu”nya Ayu Ting2  gara2 saya telat. Dosennya kelewat “licik” tu, jadwal masuk jam 10, dan saya udah pasang alarm. Saya masuk jam 10 kurang dikit. Eeee… die udah masuk sejak pukul 9.30. artinya, sesuai kesepakatan yang die buat secara sepihak. bunyinya gini :
Pasal 1
Dosen tidak pernah telat.
Pasal 2
Jika dosen telat, kembali ke pasal 1, dengan alasan bahwa kuliah belum dimulai ketika dosen belum datang.
So, dia gak mungkin dong telat walaupun udah lewat 1 jam dari jadwal. Sial.
Alhasil saya kudu nyanyi ayu ting2 lengkap dengan goyang gayung. Kontan, satu kelas cekakak-an gak berhenti2. Nah tu, mana ada  kan orang habis kehilangan benda terkasih masih bisa nyanyi Alamat Palsu.
Itu hikmah pertama. Hahhaa.
Gara2 kemalingan. Saya kepikiran buat  nulis, tepatnya pas di kamar mandi,  saya lagi sampoan tu kan.. berusaha membahagiakan diri, gara2 laptop saya atu2nya ilang, nah tiba2 ada ilham (serius, kanda ada yang namanya ilham, ini murni salah paham) dibalik bokernya saya.  Saya akhirnya dapet ilham untuk nulis tu kan..
Nah ini hikmah kedua, dan entah hikmah selanjutnya akan datang entah kapan. Saya si doanya supaya tu maling segera insyaf. Segera mikir, gimana rasanya orang yang habis kemalingan barang berharganya. Saya doa siang malam, Ya Allah, terima kasih sudah menitipkan hamba laptop yang alhamdulillah bisa hamba manfaatkan selama 5 bulan ini. Hamba sangat bersyukur. Hamba doakan keselamatan pada sang maling untruk segera kembali ke jalanmu ya Allah. Dan segera mengembalikan barang yang dipinjemnya tanpa izin, yang jelas.

However, sure, I need that  goddamn laptop you know that!.
Sebut saja namanya Manov, nama yang saya berikan sebagai label pada laptop saya itu, karena saya beli tanggal lima november makanya saya kasih dia nama manov.
Si Manov saya timang2, saya rias supaya cantik, saya bersihin pake tissu setiap hari layar dia, saya kasih pelindung silikon di keyboardnya. Saya minta dia jaga data2 saya yang penting2 itu, ee... Ternyata dia malah g bisa menjaga diri. Saya sempet kepikiran untuk menggalang dana untuk hilangnya Manov. Judulnya “5000 koin  untuk  hilangnya Manov” (kan lagi trend tu). Saya mau bikin kardus, saya tempelin poster Manov di sana, di mana2, di tembok di pohon2 tak berdosa, di halte, jidat orang kaanda perlu. Saya bakal keliling kampus. Sedih campur galau.
Atau saya masukin TV aja ya, ke daftar percarian sesuatu yang ilang.


“Abang rela kehilangan laptop Abang, asal abang gak kehilangan hati kamu Nurlele..” hahaha, ini juga lagi nge-trend kan. :D
[Serius], Saya akhirnya mikir, ternyata begini rasanya kehilangan sesuatu yang kita, kelewatan dalam mencintainya, kita takut kehilangan anak, istri, harta kekayaan, jabatan, dan dunia yang fana ini karena kita terlalu sibuk. Ya, sibuk untuk terlalu mencintainya, biarlah laptop Abang hilang, asal iman dan Allah tidak hilang dari hati dan otak abang.
Ternyata saya sadar, saya gak sepicik yang anda kira, saya sempet mikir semua ini dan itu hanya titipan belaka, tergantung bagaimana caranya kita menjaganya, anak, jabatan, kekayaan. Semuanya begitu terlihat semu kali ini di mata saya, buat apa kaya, jabatan tinggi, tapi gak bahagia?. Pertanyaannya adalah, apakah kita sudah cukup bahagia (pertanyaan ini kudu dijawab dalam hati yang paling dalam. Coba jujurlah pada hati kita masing2). Dengan yang kita punyai sekarang? Dengan cita2 kita kedepan?, dengan harta, istri, anak, kedudukan dst dst?.
Why we should be happy?. (coba dong cari jawabannya, buat saya juga. Hahaha)
Apakah kita bakal lebih bahagia kalau jadi dokter ketimbang jadi guru?.
(Lho2 kok bahasannya mulai kesini ni.. buat bab baru aja ya nak) –ini emak saya.

Visitors

BUKU TAMU

Pop up my Cbox
Powered by Blogger.

Followers